Perkiraan Biaya Perawatan Mobil Anda – Promo Toyota Jabodetabek

Anda baru membeli mobil atau berniat membeli mobil dalam waktu dekat? Selamat! Satu hal yang sering terlupakan, untuk memiliki sebuah mobil kita tidak hanya mengeluarkan biaya pembelian saja, namun juga berbagai biaya rutin untuk merawatnya.

“Setelah dihitung-hitung, ternyata punya mobil nggak cuma sekedar belinya aja,” ujar Lombi, 34, seorang pemilik Toyota Avanza Veloz keluaran tahun 2012.

Berikut biaya-biaya yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Bahan bakar

Untuk penggunaan aktif harian dengan jarak rata-rata sejauh 60 km, biaya bahan bakar yang dibutuhkan untuk seminggu berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 350.000, jika Anda menggunakan bahan bakar premium. Bahan bakar beroktan lebih tinggi tentu akan membutuhkan biaya lebih besar.

2. Perawatan rutin

Untuk menjamin mobil selalu dalam kinerja terbaik, mobil Anda harus mendapat perawatan berkala, misalnya untuk ganti oli mobil, pembersihan sistem pembakaran dan pengapian, pengecekan terhadap komponen mesin sesuai dengan masa pemakaian kendaraan, dan sebagainya. Anda bisa memilih melakukan perawatan rutin di jaringan bengkel resmi sesuai merek mobil maupun di bengkel umum.

Perawatan di bengkel resmi untuk mobil Avanza memakan biaya Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta sekali kunjungan, dan perawatan tersebut idealnya dilakukan tiap enam bulan sekali. Dengan demikian, biaya perawatan yang dikeluarkan bisa mencapai Rp 3 juta-Rp 4 juta setahun. Untuk kelas mobil yang lebih tinggi, biaya perawatan ini bisa jadi lebih mahal.

Untuk alternatif yang lebih murah, Anda bisa memilih perawatan mobil di bengkel umum yang terkadang bisa memberikan selisih harga sekitar Rp 400.000. Namun, perawatan di bengkel umum tidak disertai garansi perawatan seperti di bengkel resmi.

3. Asuransi Mobil

Untuk melindungi mobil dari kondisi yang tidak diinginkan, asuransi mobil akan sangat membantu. Idealnya, Anda perlu mengambil asuransi all risk, karena ini akan menutup semua biaya yang mungkin timbul, dari mulai biaya perbaikan mobil akibat kecelakaan, pencurian mobil, hingga kerugian yang melibatkan pihak ketiga.

Untuk asuransi all risk, premi yang harus dibayarkan berkisar antara 2,4%-3,5% dari harga mobil yang Anda miliki. Sebagai contoh, untuk mobil Avanza seharga Rp 160 juta, premi yang harus dikeluarkan berkisar antara Rp 3,9 juta sampai Rp 5,3 juta, tergantung perusahaan asuransi yang digunakan.

4. Biaya lain-lain

Selain biaya-biaya yang disebutkan sebelumnya, ada juga biaya lain yang harus Anda keluarkan dalam penggunaan mobil, yakni:

  • Biaya spooring and balancing ban, sekitar Rp 300.000-Rp 500.000
  • Penggantian ban mobil, misalnya untuk Avanza sebesar Rp 500.000/ ban
  • Biaya penggantian batere mobil, alias accu, sebesar Rp 150.000-Rp 300.000. Satu mobil Avanza membutuhkan 3 accu mobil
  • Biaya untuk radiator dan filter mobil
  • Biaya parkir bisa mencapai sekitar Rp 850.000 per bulan, jika menghitung pemakaian parkir langganan di hari kerja dan parkir di mal dan tempat-tempat lain saat akhir pekan

SUMBER :  liveolive.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *